Minggu, 06 Januari 2013

TUGAS UJIAN SEMESTER BAGIAN A





Pengaruh Pemberian Sayuran kering terhadap Peningkatan Kadar Hb pada Ibu Hamil di Kelurahan Surau Gadang Kecamatan Nanggalo
Kota Padang Tahun 2012
BAB I
PENDAHULUAN
Telah dilakukan pengumpulan data dasar dalam rangka persiapan penelitian di lokasi penelitian. Data-data yang dikumpulkan meliputi karakteristik responden berupa umur, pendidikan, pekerjaan, dan kondisi tempat tinggal. Data utama yang dikumpulkan adalah konsumsi energi, protein dan fe pada sample ibu hamil. Data karakteritik sample dikumpulkan dengan metode wawancara menggunakan daftar pertanyaan. Sedangkan data konsumsi menggunakan metode Semi Quantitative Food Frequency Questionaire(SQ-FFQ). Data yang diperoleh diolah menggunakan Aplikasi Microsoft Excel yang dirancang khusus untuk memudahkan mengolah asupan zat gizi.  Jumlah sample dari penelitian ini direncanakan sebayak 250 ibu hamil yang nantinya akan dikelompokkan menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok control dengan jumlah sama banyak. Pemilihan perlakuan dan control dilakukan secara acak sederhana karena keseluruhan subjek penelitian memiliki karakteristik relative sama.
Hasil pengumpulan data dasar menurut karakteristik dapat dilihat pada table 1 di bawah ini.

Tabel 1.1 Penelitian yang Dilihat dari Segi Pendidikan dan Pekerjaan
Dari Segi Pendidikan
Dari Segi Pekerjaan
Kelompok Perlakuan
Kelompok Kontrol
Kelompok Perlakuan
Kelompok Kontrol
67
80
32
48





DIAGRAM PENELITIAN YANG DILIHAT DARI SEGI PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN





Jumlah responden yang berpendidikan rendah (kurang dari SMA untuk kelompok perlakuan dan sebanyak 67 orang sementara untuk kelompok control sebanyak 80 orang, selebihnya berpendidikan tinggi (SMA atau lebih). Dari segi pekerjaan, ibu-ibu sample yang bekerja di luar rumah untuk kelompok perlakuan adalah sebanyak 32 orang sementara untuk kelompok control sebanyak 48 orang, selebihnya adalah hanya sebagai ibu rumah            tangga.
Sementara itu hasil pengolahan data konsumsi zat gizi diperoleh hasil sebagai berikut : Rata-rata konsumsi energi bumil untuk kelompok perlakuan adalah 84% AKG dan kelompok kontrol 76% AKG.  Setelah dikelompokkan menggunakan median data tersebut (secara normative), maka 62 orang bumil atau 50 % nya berada di bawah median sedangkan pada kelompok control 60% sample yang konsumsi energinya kurang dari median.
Konsumsi protein sample kelompok perlakuan cukup tinggi yaitu 60% sample dan hanya 50% responden pada kelompok control yang konsumsinya di atas AKG.
Data konsumsi zat gizi yang ketiga yang diolah adalah konsumsi Fe, dimana konsumsi Fe sample rata-ratanya sangat rendah. Pada kelompok perlakuah hanya 30 orang yang konsumsi Fe nya memenuhi kebutuhan dan pada kelompok  control hanya 25 orang yang mencukupi  kebutuhan.
Tabel 1.2 hasil pengolahan data konsumsi zat       gizi
Konsumsi energi
Konsumsi protein
Konsumsi Fe
Kelompok Perlakuan (%)
Kelompok Kontrol (%)
Kelompok Perlakuan (%)
Kelompok Kontrol (%)
Kelompok Perlakuan
Kelompok Kontrol
84
76
60
50
30
25
DIAGRAM HASIL PENGOLAHAN DATA KONSUMSI ZAT GIZI





Setelah dilakukan pendataan awal ini, selanjutnya para ibu hamil akan diberikan makanan yang dibuat dengan mengeringkan sayuran dengan metode tertentu. Perlakuan akan berlangsung Selama 1 bulan. Setiap seminggu sekali akan dilakukan pengukuran kadar hemoglobin dalam darah baik pada kelompok perlakuan maupun kelompok kontrol.
Pada kesempatan ini Peneliti mengucapkan banyak terima kasih kepada Lembaga Penyandang dana atas partisipasinya dalam membiayai penelitian ini. Semoga penelitian ini akan berjalan lancar dan memberi manfaat bagi program penanggulangan anemia gizi pada ibu hamil di daerah ini dan di Indonesia umumnya.
Terima kasih
  Elgi Triani



Tidak ada komentar:

Posting Komentar